Senin, 25 Juni 2012

CNN rilis Jakarta sebagai ´Kota Paling Dibenci Turis´

JAKARTA, jadi perbincangan hangat di dunia. Bukan lantaran prestasinya melainkan sisi ´buruk´ dari ibu kota RI dengan predikat memalukan: ´Kota Paling Dibenci Turis´.  Situs berita CNN menyatakan Jakarta di urutan ketujuh paling dibenci turis. "Karakter kota adalah karakter dari masyarakat sebagai implementasi dari leadership. Kalau Gubernur DKI tidak bisa memberi kenyamanan kepada warganya apalagi turis asing."

---
http://www.cnngo.com/explorations/life/most-hated-cities-861160

http://www.tempointeractive.com/hg/nasional/2012/06/14/brk,20120614-410612,uk.html

http://english.ntdtv.com/ntdtv_en/news_asia/2012-06-18/jakarta-reject-cnn-s-ranking-as-seventh-most-hated-city.html
---

JAKARTA, jadi perbincangan hangat di dunia. Bukan lantaran prestasinya melainkan sisi 'buruk' dari ibu kota RI dengan predikat memalukan: Kota Paling Dibenci Turis.

Kabar buruk tersebut dilansir situs berita CNN, yang menyatakan Jakarta di urutan ketujuh paling dibenci turis. Situs ini menyebut, delapan juta turis asing ke Indonesia setiap tahun lebih menghindari Jakarta dan memilih ke sejumlah destinasi lain seperti Bali dan Yogyakarta atau Medan.

CNN pun mengungkap, turis yang kadung tiba di Jakarta mengaku tidak tahan berada di tengah kota yang sarat dengan kemacetan, polusi, kemiskinan dan penuh mal.

Berikut ini adalah daftar Kota Paling Dibenci di Dunia:
1. Tijuana, Meksiko
2. Sydney dan Melbourne, Australia
3. Paris, Prancis
4. Timbuktu, Mali
5. Los Angeles, Amerika Serikat
6. Lima, Peru
7. JAKARTA, INDONESIA
8. New Delhi, India
9. Kairo, Mesir
10. Belize City, Belize

Pengamat perkotaan dan konsultan lansekap Nirwono Joga menilai kredibilitas portal berita CNN tidak diragukan dan berita tersebut akan membuat predikat Jakarta kian terpuruk di mata warga dunia.

"Berita di CNN tersebut tidak mengherankan. Warga Jakarta dalam lima tahun terakhir memilih bersikap SDM alias selamatkan diri masing-masing karena semakin tidak nyaman. Foke sebagai Gubernur DKI ternyata tidak mampu melakukan perubahan. Contohnya Kanal Banjir Timur bukan prestasi DKI atau Foke tapi produk dari Kementerian Pekerjaan Umum," kata Nirwono Joga kepada gresnews.com, Jumat (15/6).

Bagaimana tanggapan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Ketika coba dihubungi melalui anggota tim suksesnya, Makmun Amin melalui ponsel dan pesan singkat, ternyata tidak direspons.

Calon Gubernur DKI dari jalur independen, Hendardji Soepandji menilai predikat tersebut sangatlah memalukan warga Jakarta maupun rakyat Indonesia.

"Karakter kota adalah karakter dari masyarakat sebagai implementasi dari leadership. Kalau Gubernur DKI tidak bisa memberi kenyamanan kepada warganya apalagi turis asing yang tentu terkejut melihat Jakarta begitu semrawut, macet, kotor dan kumuh," ungkap Hendardji yang dihubungi di Jakarta, Jumat sore (15/6).

Menurut Hendardji, laporan CNN tentu setelah melalui riset dan survai mendalam sebelum dirilis di cnn.com. Tanpa harus digembar-gemborkan buruknya kepemimpinan Foke selama lima tahun menjadi Gubernur DKI oleh lawan-lawan politiknya dalam Pemilukada DKI Juli mendatang, CNN ternyata turut membantu warga DKI untuk 'melek' terhadap kinerja Foke selama ini.

Foke dinilai gagal
Dia menilai, pembangunan di DKI selama lima tahun terakhir mengabaikan pengembangan fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos). Tugas itu 'diserahkan' Pemprov DKI kepada pengembang (developer) melalui ketentuan setiap lahan satu hektar, developer wajib menyediakan lahan pengganti sekian meter untuk Fasum dan Fasos. Artinya, pembangunan DKI dikendalikan pengembang bukan oleh Pemprov DKI.

"Pemprov DKI cuma dicocok hidungnya oleh pengembang dan Foke jadi calonya. Fakta itu memperlihatkan pada warga DKI bahwa Foke tidak lagi pantas memimpin DKI Jakarta, karena sudah gagal," ungkap Hendardji, yang juga perwira tinggi TNI-AD.

Pendapat senada dikemukakan Nirwono Joga bahwa Foke tidak lakukan perubahan maupun kemajuan signifikan terhadap DKI. Jakarta malah berkembang menjadi kota yang tidak 'manusiawi' lagi untuk dihuni.

Nirwono pun memaparkan kabar tentang persetujuan Foke terhadap pembangunan 21 mal baru. Langkah itu membuktikan keberpihakan Foke kepada pengembang bukan kepada warganya.

"Aneh kan, ketika banyak ibukota negara di dunia berupaya menambah taman kota, Jakarta malahan terus mengurangi taman kota dan ruang publik," ungkap Nirwono.


http://gresnews.com/berita/sos ial/1910156-cnn-rilis-jakarta- sebagai-kota-paling-dibenci- turis-hendardji-foke-gagal- tak-lag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar